Strategi Sukses Memulai Usaha Kecil
Sumber: Bisnisaceh.com

Investment / 2 June 2014

Kalangan Sendiri

Strategi Sukses Memulai Usaha Kecil

Theresia Karo Karo Official Writer
4369

Bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha, selain modal dan keberanian ada hal lain yang anda perlu diketahui. Menemukan peluang usaha sangat gampang, berbagai media dapat menjadi informasi yang berguna untuk dijadikan panduan. Terdapat ungkapan, “untuk memulai adalah hal tersulit”, tetapi kesulitan bukan untuk dihindari melainkan dihadapi. Berikut beberapa tips untuk memulai bisnis bagi pemula:

Berani Bermimpi

Berani bermimpi adalah langkah awal dalam menapak kesuksesan. Mimpi juga dapat menjadi pendorong semangat, pemberi motinvasi untuk mencapai tujuan. Anda boleh bermimpi untuk memiliki perusahaan yang besar dengan omset hingga milyaran rupiah. Terdapat istilah yang mengatakan “if your dreams don’t scare you they’re not big enough”.

Mental Baja

Menjadi pengusaha tentu berbeda dengan menjadi pegawai suatu perusahaan. Dibutuhkan  tanggung-jawab yang lebih besar, usaha yang lebih keras, serta waktu dan tenaga yang lebih untuk merintis usaha. Selain itu risiko gagal tentu ada dalam pengembangan usaha. Jangan kapok, tetapi anda bisa belajar dari kegagalan dan menyikapinya dengan cerdas.

Gabungkan Modal

Modal jangan hanya berasal dari kantong sendiri. Usaha tentu akan ada resikonya, jika semua tidak berjalan lancar anda tidak terlalu rugi dan tidak dikejar utang. Carilah orang yang mau berinvestasi di usaha anda.

Teliti Rekrut Karyawan

Anda harus teliti dalam mencari tenaga yang dapat membantu usaha anda. Bila salah memilih  malah ini yang akan menghambat usaha anda.

Ide Unik dan Perencanaan

Jenis usaha yang berbeda dari orang lain akan semakin memperkecil persaingan. Mulailah memikirkan ide kreatif apa yang menjadi kebutuhan banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu ide kreatif dalam mempromosikan produk anda dapat mendukung usaha yang sedang dirintis.

Tempat Usaha Strategis

Faktor ini tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan usaha. Tetapi bila anda sulit untuk menemukannya, bisa disiasati dengan memberi poin lebih pada pelayanan yang cepat, ramah, dan sopan.

Ketahui Budget Dasar

Modal tidak melulu ditujukan untuk produk yang dirancang. Inventaris atau keperluan lain seperti sewa toko, listrik, gaji karyawan hingga alat-alat terkecil yang dapat mendukung usaha anda juga menjadi hal yang penting yang harus diperhitungkan dalam memulai usaha.

Kualitas Terjaga

Saat memulai usaha pasti sangat sulit dalam memperkenalkan produk baru pada konsumen. Kuasai keahlian untuk berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga yang tinggi juga didukung dengan kualitas yang terjamin. Kekuatan promosi lewat konsumen dalam merekomendasikan produk akan sangat membantu mengembangkan usaha anda

Cerdas Kelola Laba

Menjadi pengusaha berarti anda harus menginvestasikan kembali sebagian keuntungan untuk kelanjutan bisnis. Gunakan laba dengan bijak dan cerdas untuk pengembangan usaha anda.

Tidak kalah penting adalah kerjakan semua dengan memberikan yang terbaik dari anda. Berikan yang terbaik untuk konsumen, untuk supplier atau bahkan untuk pekerja.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Paus Fransiskus Serukan Perdamaian Israel-Palestina

Didukung FPMM, Prabowo: Setengah Darah Saya Indonesia Timur

Paus Fransiskus Serukan Perlindungan Umat Katolik Palestina

Prabowo Serahkan Hadiah Juara Indonesian Idol

Ahok Prihatin Isu Negatif yang Menyerang Jokowi


Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami